Home » Berita » OSIS SMP: Membuat Proposal Hingga LDKO

OSIS SMP: Membuat Proposal Hingga LDKO

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Tahun ajaran 2022/2023 sudah berjalan selama kurang lebih satu setengah bulan dan secara PTM. Sudah saatnya OSIS SMP Islam Tugasku aktif kembali. Sebanyak 61 siswa kelas 8 dan 9 mendaftarkan diri dan menggenapi tahap demi tahap. Kegigihan dan semangat mereka berbuah ilmu-ilmu baru dalam bidang keorganisasian. Dimulai dari menyusun proposal pengajuan diri untuk menjadi osis, tes fisik dan kedisiplianan, wawancara bersama bapak ibu guru, pembentukan tim sukses, kampanye, debat kandidat calon ketua OSIS, sampai pemilihan ketua OSIS.

Pada tahap pengajuan proposal siswa-siswi membuat proposal resmi yang berisi identitas, visi & misi, alasan & motivasi memilih jabatan tertentu dalam osis. Setelah lolos dari tahap pengajuan proposal calon osis ini mengikuti tahap fisik dan kedisiplinan dengan agenda lari pagi selama 3 hari. Pada kedua tahap awal ini sudah ada beberapa yang mundur dan gugur dalam tahap seleksi.

Tahap selanjutnya, tahap wawancara oleh bapak ibu guru. Pada tahap ini calon OSIS dipertanyakan dan diuji tingkat kepercayaan diri, gaya komunikasi, pola piker, serta cara  bekerjasama. Walaupun banyak siswa yang panas dingin pada tahap ini, namun semua dapat melaluinya dengan baik.

Tahap yang paling seru adalah tahap pembentukan Tim sukses untuk kemudian berkampanye. Terbentuk 12 tim sukses yang menyokong dua belas calon ketua OSIS. Delapan tim kelas 9 sementara 4 tim kelas 8. Calon ketua OSIS kelas 9 ialah, Natha Helga, Galang Kalam Zaman, Feliza Everine, Athaya, Muhammad Aydirias, Rifqi Dimashandy, Pramu Danuradya Wijarnako, dan Alesha Nima. Sementara itu, Athaya Kevan Arkananda, Athifa Audrey, Aidane, dan Sarah Divyanggana mencalonkan diri sebagai Ketua OSIS kelas 8.

Kampanye dilakukan sangat meriah, walupun hanya memiliki waktu beberapa hari para calon ketua dan tim sukses sudah menyiapkan materi kampanye dengan sangat baik. Dari mulai yel-yel, penempelan poster berisi gambar dan visi misi mereka, ada yang membagikan kertas dukungan dibarengi biscuit atau snack lainnya. Semua calon mencoba menarik perhatian warga sekolah untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sampai tiba saatnya mereka membuktikan kemampuan memipin, komunikasi, dan menyelesaikan masalah mereka dalam agenda Debat Kancicat. Pada tahap ini siswa-sisiwi SMP Islam Tugasku sangat riuh menyuarakan dukungannya untuk calon-calon pilihannya. Namun begitu, isi kepala patra calon sepertinya lebih riuh. Bagaimana tidak pada debat ini mereka mendapat pertanyaan seputar program kerja atau pun komitmen mereka saat menjabat menjadi Ketua OSIS. Pertantaan iini berasal dari panelis (Pak Agus dan Bu Yuni), pertanyaan dari bapak ibu guru melalui kocokan, dan pertanyaan umum dari siswa-siswa lainnya.

Pada hari yang sama dilakukan Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Ketua OSIS SMP Islam Tugasku. Pemilihan berjalan tertib dan cepat. Peserta pemilu mencoblos satu ketua kelas 8 dan  satu ketua kelas 9. Hasilnya kelas 8 dimenangkan oleh Sarah Divyanggana dengan suara sebanyak 47 suara. Sementara itu calon OSIS kelas 9 masuk pada putaran kedua yang diisi oleh Ananda, Pramu Danuradya, M, Aydirias, dan Feliza Everine.

Putaran kedua dilakukan dengan kembali melakukan debat kandidat dan Pemilu. Ketiga calon beradu argumen terhadap isu yang disampaikan oleh moderator. Isu tersebut mengenai keterampilan yang harus dimiliki ketua osis dan mengenai cara mengelola keuangan untuk membuat kegiatan. Pemilu kedua berlangsung dan hasilnya Pramu Danuradya Wijarnako mendapatkan 71 suara.

Jumlah anggota OSIS tahun ini adalah yang terbanyak sepanjang sejarah OSIS SMP Islam Tugasku. Maka dari itu kepengurusan dibagi menjadi 2, kelas 8 dan kelas 9. Mereka akan bekerja beriringan, melaksanakan program kerja besar bersama. Kelas 8 diketuai oleh Sarah Divyanggana sementara kelas 9 diketuai oleh Pramu Danuradya Wijanarko. Keduanya terpilih secara adil melalui pemilu dan layak menyandang ketua OSIS setelah melalui wawancara serta debat kandidat. Setelah terpilih mereka menjalani LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS) yang dilakasanakan dalam 1 hari pada tanggal 9 September 2022 di sekolah. Semoga OSIS SMP Islam Tugasku dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kompak, profesional, jujur, dan terhormat.

(Tim Jurnalis SMP Islam Tugasku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Pentas Teater 5 Sodare

ANBK SMP 2022

Student Council SD 2022-2023

TES UKBI KELAS IX

Event Terbaru

Prestasi Terbaru