Home » Berita » Special Event

Special Event

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Special event 2022 ini sangat berwarna dan dan menarik. Mengangkat tema Pertunjukan Seni Tradisional, selama empat hari kami mengeksplorasi tema tersebut menjadi beberapa sesi yang terasa lebih segar dan baru. Mengankat mengenai pertunjukan Reog Ponorogo, wayang orang, dan gambang kromong.

Pembukaan Special Event dilakukan dengan meriah dengan penampilan Tari Randai dari siswa, persembahan lagu Wijayakusuma dari ananda Feliza dan Alesha, persembahan lagu Cinta Indonesia dari Pak Munjid dan Bu Windy, penampilan gitar klasik dari ananda Alya, dan tentunya ditutup oleh pertunjukan Reog Ponorogo dari teman-teman Singo Budoyo Mudho. Agenda pembukaan diakhiri dengan arak-arakan reog, pawai, dan kirab budaya mengitari daerah sekitar Pulo Mas. Beberapa siswa perwakilan kelas memakai baju daerah Indonesia. Kegiatan ini didukung berjalan lancar dengan dukungan dari Lurah Kayu Putih beserta jajarannya.

Hari pertama diahkhiri dengan melukis topeng. Siswa-siswi melukis topeng berpasangan dengan motif yang berbeda-beda. Ada yang melukisnya dengan gaya jawan, sumatera, ataupun bali. Hasil melukis topeng ini pun bagus dan memuaskan. Mereka melakukannya dengan kreatif, rapi, dan tepat waktu.

Hari kedua kami membahas mengenai misi budaya bersama IOV (International Organization Fol Art). Misi budaya adalah salah satu progam menarik di SMP Islam Tugasku. Pada agenda ini beberapa siswa mempelajari beberapa tarian atau budaya Indonesia untuk kemudain ditampilkan di negara tertentu. Namun, karena pandemi program ini hiatus selama 2 tahun. Harapan kami program ini dapat berjalan kembali pada tahun pelajaran ini. Tentunya sesi ini menambah keinginan dan rasa bangga siswa-siswi untuk berkontribusi menjaga dan memperkenalkan budaya Indonesia pada negara lain. Hari Kedua ini, siswa-siswi juga menjalani workshop membuat kuda lumping dan menyanyi lagu-lagu tradisional.

Pada Hari Rabu, 28 September 2022 agenda dilanjutkan dengan Projek berkelompok, membuat media presentasi mengenai “Eksplorasi Upacara Adat Daerah Indonesia”. Selain mengetahui berbagai upacara adat yang belum pernah mereka dengar, mereka juga jadi lebih memahaminya dengan membuat media presentasi secara detail dan kreatif secara kelompok. Kegiatan sesi kedua adalah menonton penampilan dari Wayang Orang Baratha dan workshop tari klasik jawa. Kegiatan diakhiri dengan flashmob Tari Klasik Jawa.

Hari keempat menjadi hari yang panjang, selain hari agenda terakhir special event, pada siang hari seluruh siswa menampilkan hasil karya dan penampilan kelasnya kepada orang tua mereka dan diakhiri dengan pembagian rapor tengah semester.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

7 Buku Baru

Hari Pahlawan 2022

Event Terbaru

Prestasi Terbaru