Home » Berita » Eksplorasi Pekan Spesial di SD

Eksplorasi Pekan Spesial di SD

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

TUGASKU-SD, Special event, 21-25 September 2020, di SD Islam Tugasku yang  bertema Eksplorasi Menu Sehat di Pekan Pandemi, dibuka pada hari Senin, 21 September 2020 secara virtual, dengan pemaparan singkat tema yang diambil setiap pararel kelas. Acara dilanjutkan dengan senam bersama kelas 1 sampai kelas 6. 

Kelas I; 
Siswa kelas 1  mempelajari tentang apa itu virus korona dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyebarannya.
Hari kedua, Siswa kelas 1 mengundang 2 Narasumber hebat dan istimewa. Yaitu Suster Wanelfi sebagai survivor yang memberikan informasi tentang pengalamannya saat terdampak korona serta tips tips untuk kesembuhannya. Dan dr. Fitri, yang tak kalah serunya, dengan menyampaikan bagaimana cara menjaga tubuh kita agar selalu sehat. Mereka juga memberi tahu bahwa pasien Covid-19 bisa sembuh.
Pada hari ketiga, Siswa Kelas 1 mengundang Psikolog sekolah, Ibu Irma dan belajar tentang bagaimana caranya berbahagia selama di rumah bersama keluarga. Hari keempatnya, melakukan kegiatan memasak snack sehat bersama orang tua. Dan sebagai  penutup, kelas 1 mengadakan kegiatan menghias face shield.
Kelas II;
Dengan tema Bakteri dan Virus mengadakan percobaan roti dan kapang selama 4 hari. Hari kedua para siswa mendapat pengenalan Virus dan Bakteri dari dr. Muhammad John Elang Lanang Sismadi. Di hari ketiga dr. Fathiyyah Ash Shafa menyampaikan mengenai pencernaan pada anak selama masa pandemi. Kamis dan Jumat para siswa menerima laporan langsung kondisi berbagai lokasi selama pandemi, diantaranya reportase dari Bpk. Agus Listiyono dari Alun-alun Kota Depok.
Kelas III; 
Dengan tema Meningkatkan imunitas tubuh secara alami dengan melakukan beberapa eksplorasi terkait bahan-bahan alami yang dapat meningkatkan imun tubuh. Kegiatan diawali dengan praktik membuat water lemon kemudian bersama dr. Ratih Dewi Palupi, SpA siswa-siswi diajak mengenal penyakit-penyakit yang sering terjadi pada anak, serta pentingnya menjaga imun tubuh. 
Hari kedua para siswa bersama Ms. Ara berekplorasi untuk mengenal kandungan dan manfaat buah berdasakan warnanya. Kegiatan di hari ketiga Ibu Apt. Imelda, S.si mengenalkan kandungan dan manfaat bahan-bahan alami (herbal), kemudian ditutup dengan percobaan membuat minuman sehat dengan bahan rempah bersama Ms.Diva. Hari kamis, bersama Ust.Zuhri, dikenalkan cara meningkatkan imun tubuh sesuai denan sunnah dan dilanjutkan dengan praktik membuat Susu Kurma. Hari Jumat menjadi akhir dari rangkaian kegiatan special event kelas 3, yaitu dengan lomba membuat poster ajakan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh di kala pandemi.
Kelas IV;
Dengan tema Penyebaran wabah dan PHBS. Kegiatan diawali dengan mendapat pengenalan covid-19 dari dr. Nadya. Hari ke-2 siswa mendapat ilmu dari dr.deny tentang proses penyebaran wabah dan penanganan covid-19. Siswa mempraktikan cara memakai masker dab mencuci tangan yang tepat. 
Hari ke-3 siswa belajar berperilaku hidup sehat dengan melakukan senam sehat dan mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu siswa juga belajar hikmah dibalik adanya wabah. Hari ke-4 siswa belajar cara-cara menjaga kesehatan mata selama PJJ bersama dr Dinda dan membuat poster dukungan bagi para tenaga medis.
Hari terakhir special event siswa kelas 4 mendengarkan kan pengumuman para pemenang lomba special event serta melakukan dzikir dan doa bersama untuk negeri.
Kelas V;
Selama sepekan special event secara khusus kelas 5 mempelajari tentang kesehatan alat pernafasan. Mulai dari membahas pandemi yang menyerang alat pernafasan, cara kerja paru-paru dengan membuat model alat pernafasan manusia, cara merawat dan menjaganya paru-paru agar tetap sehat. Di hari ke 3 kami juga mendapatkan banyak pelajaran dari dokter specialis paru yaitu Dr. Kasum Supriyadi, Sp.P. Tak lupa untuk pengingat diri siswa membuat poster menjalankan 3M. Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.
Kelas VI;
Alhamdulillah, special event kali ini kelas 6 membahas Sejarah Wabah di Dunia. Pada hari pertama special event setelah kegiatan ikrar, doa, dan tadarus, kelas 6 kedatangan narasumber istimewa yaitu Bapak Agus Listiyono selaku Direktur Pendidikan Sekolah Islam Tugasku. Pada kesempatan kali ini, beliau membawakan materi mengenai Sejarah Wabah di zaman sahabat Nabi SAW, Umar bin Khaththab RA. Beliau menceritakan penyakit tho’un yang mewabah saat itu dan bagaimana sikap seorang muslim menghadapi wabah dengan menukilkan hadist Nabi Muhammad SAW.
Di hari kedua, seorang narasumber yang juga sejarawan Indonesia hadir kembali memberikan pengetahuan baru buat anak-anak mengenai wabah yang pernah terjadi di Indonesia di zaman penjajahan yang menimbulkan banyak korban jiwa. Anak-anak namak sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Kak Helmy dan Kak Hanifa yang bertindak sebagai narasumber pagi itu. 
Pada hari ketiga,  anak-anak kelas enam yang terbagi menjadi enam kelompok melakukan presentai ke setiap kelompok mengenai hasil diskusi kelompok mereka tentang keenam wabah yang dipilih, yaitu cacar, ebola, sars, pes, kolera, dan malaria. Hari keempat, dr. Permata Indah Novitarini, Spok, memberikan pembahasan khusus mengenai keenam wabah yang dibahas oleh setiap kelompok. Pemaparan beliau semakin memperjelas pengetahuan anak-anak mengenai wabah penyakit yang pernah ada jauh sebelum pandemi covid 19 saat ini.
Di hari terakhir special event, anak-anak kelas 6 menyaksikan tayangan film mengenai wabah yang mereka bahas. Di setiap hari kegiatan special event, anak-anak membuat mind mapping setiap topik yang mereka peroleh. Selain itu ada juga kegiatan membuat cerita atau komik tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, membuat poster, dan iklan layanan masyarakat dengan tema yang sama. Kesemua hasil karya anak-anak dilombakan dan tentunya ada hadiah menarik yang menanti anak-anak hebat sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan usaha mereka yang sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan special event kali ini. 
Semoga harapan kegiatan special kali ini menjadikan anak-anak lebih banyak tahu lagi mengenai wabah penyakit, bagaimana menyikapinya, menjadikan mereka lebih peduli tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, dan makin bersabar dalam menghadapi pandemi yang sedang terjadi saat ini. Semoga. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Belajar Bersama

Membacakan Nyaring

Belajar Hewan di TK A

Binatang Ternak

Kelas Memasak

Event Terbaru

Prestasi Terbaru