Home » Berita » Memaknai Hari Pahlawan, Belajar di Museum (Virtual) Sekolah Islam Tugasku

Memaknai Hari Pahlawan, Belajar di Museum (Virtual) Sekolah Islam Tugasku

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

TUGASKU-SD, Selasa, 10 November 2020, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2020, siswa-siswi SD Islam Tugasku berkesempatan melakukan kunjungan virtual ke Museum Kebangkitan Nasional di Jl. Dr. Abdurahman Saleh,  Jakarta Pusat, untuk mengenal dan memaknai perjuangan para pahlawan Indonesia. Dipilihnya Museum Kebangkitan Nasional dikarenakan museum tersebut memuat sejarah serta informasi terkait cikal bakal lahirnya pergerakan pemuda Indonesia dalam melawan para penjajah melalui terbentuknya organisasi ‘Boedi Oetomo” yang bermakna akal yang utama.

Kunjungan langsung diwakili oleh para guru sebagai pengantar informasi kepada anak didik melalui reportase langsung dari lokasi dengan didampingi oleh pemandu dari pihak museum sebagai narasumber. Peran bapak dan ibu guru dalam kunjungan ini adalah sebagai jembatan informasi antara narasumber dengan siswa, sehingga kegiatan berlangsung interaktif. Selain itu para siswa dapat menyampaikan pertanyaan dan rasa ingin tahu terkait informasi sejarah yang disampaikan dengan mudah.Kegiatan ini memberi warna yang berbeda bagi para siswa di saat harus belajar dari rumah selama pandemi berlangsung.

Selain mengenakan kostum daerah sebagai salah satu konsep, penyampaian informasi yang interaktif membuat kegiatan kunjungan menjadi pembelajaran yang seru dan menarik. Para siswa pun terlihat bersemangat dan antusias dalam menyimak dan mencari tahu lebih detail tentang sejarah kebangkitan dan pergerakan pemuda Indonesia sampai kegiatan berakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Event Terbaru

Prestasi Terbaru