Home » Berita » LIVE IN CHAPTER 10: RESEARCH CAMP

LIVE IN CHAPTER 10: RESEARCH CAMP

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Melakukan Penelitian dan Social Service

Tahun 2023 kami menyelenggarakan Live In dengan konsep yang agak berbeda. Kami tidak tinggal bersama warga dan menjalani kehidupan warga seperti biasanya pada Live In kali ini. Kali ini kami lebih memfokuskan kegiatan kepada penelitaian dan social service yang akan dilakukan kelompok masing-masing.

Siswa terbagi menjadi 30 kelompok dengan objek penelitian dan social service yang berbeda. Pada setiap dua kelompok didampingi oleh satu guru pembimbing. Selain itu, output yang harus siswa kumpulkan berupa laporan penelitian.

Siswa berkegiatan di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung Selatan pada tanggal 14-16 November 2023. Sebelum itu, kami melakukan brainstorm penelitian yang dieselenggarakan pada tanggal 20 Oktober 2023 bersama dr. Astri Mulyantini Monik, SpOk (orang tua siswa) dan residen (PPDS) FKUI dengan tema “Meneliti itu seru. Pada agenda ini kami sharing mengenai pola pikir peneliti dan dasar-dasar penelitian.

Kemudian, pada tanggal 3 November 2023, para siswa juga melakukan briefing penelitian bersama Bu Mega, Pak Hermawan, dan Bu Windy. Mereka juga melakukan diskusi pada kelompok masing-masing mengenai persiapan penelitian dan social service yang akan dilakukan.

Persiapan terakhir pun dilakukan pada tanggal 13 November 2023. Setiap kelompok mempersiapkan semua instrument penelitian dan bahan social service yang akan dilakukan di Desa Patengan nanti.

Kami membagi kelompok pada 6 area penelitian yang berbeda yakni, 4 kelompok melakukan penelitian mengenai keanekaragaman flora fauna, serta ekosistem danau di daerah Situ Patenggang; 8 kelompok meneliti mengenai belerang, kapur, ekosistem, dan dampak area wisata di daerah Kawah Putih, 2 kelompok di perkebunan kopi, 2 kelompok di kebun strawberry, 4 kelompok di perkebunan the PTPN Nusantara 8 Kebun Rancabali, dan 10 kelompok melakukan penelitian di masyarakat Desa Patengan. Kelompok yang meneliti di Desa terbagi menjadi berbagai objek penelitian, dari mulai penelitian mengenai fenomena homestay, ragam tingkat pendidikan, fenomena usia pernikahan, instalasi air bersih, meneliti kandungan air tanah, dampak area wisata pada desa, jenis pekerjaan di desa, kondisi tingkat kesehatan warga desa serta cuaca dan potensi bencana di desa.

Social service yang kami lakukan pun beragam, dimulai dari merenovasi mengecat dan membersihkan masjid, santunan yatim dan duafa, operasi semut, membersihkan selokan, Tugasku mengajar TK dan PAUD, Tugasku mengajar SD Rancawalini. Pengobatan gratis, Pembagian sembako, dan pembagian tambahan honor guru SD, pemberian printer, sound system, proyektor, dan papan tulis untuk SD Rancawalini, pemberian vitamin dan makanan sehat di Posyandu, serta sosialisasi pencegahan Stunting.

Alhamdulillah, kegiatan ini berkesan dan berdampak baik pada siswa-siswi. Warga Desa Patengan pun merasa senang dan terbantu dengan research camp dan social

service yang kami lakukan, Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, dimulai dari perangkat Desa Patengan, Rumah Sakit Jantung Jakarta, POMG SMP Islam Tugasku, dan seluruh orang tua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Bermain Bersama

Belajar Bersama

Membacakan Nyaring

Belajar Hewan di TK A

Event Terbaru

Prestasi Terbaru